Mesin Pencari

MENUJU KEMANDIRIAN KEUANGAN, Richard Holloway

Judul: Menuju Kemandirian Keuangan: Buku Panduan mengenai Penggalangan Sumber Daya bagi Organisasi Masyarakat Sipil di Negara-negara Selatan
Penulis: Richard Holloway
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia
Edisi: I, 2001
Halaman: xxxvi + 373
Dimensi: 14 x 21 x 2 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Harga: Rp. 90.000
Call No.: 361.7/Hol/m

Bagi organisasi non-pemerintah maupun organisasi nirlaba, masalah keuangan yang berhubungan dengan dana dan pendanaan program merupakan suatu yang vital bagi keberlangsungan organisasi demi menjalankan program yang baik. Sementara kegiatan-kegiatan yang dihasilkan dan memberikan keuntungan kepada masyarakat banyak tersebut sering kali tidak dapat "dijual".

Sebagai bagian dari negara sedang berkembang, fenomena di Indonesia saat ini seperti di banyak negara berkembang lainnya di negara-negara Selatan banyak organisasi ini menjadi tergantung pada lembaga donor, terutama lembaga donor asing. Kasus proyek HIV/AIDs di Thailand yang ditinggalkan oleh para donornya karena perubahan kebijakan sehingga banyak program dari penanggungan HIV/AIDs di sana terbengkelai, adalah salah satu contoh kasus bahwa sudah saatnya organisasi ini memikirkan dari mana sumber dana dan pendanaan bisa didapat dan tidak semata-mata tergantung dari lembaga donor asing, tanpa mempunyai kemampuan menggalang dana sendiri secara lokal.

Buku Kemandirian Keuangan ini mengajak para pegiat/pekerja di dunia Organisasi Non-Pemerintah atau
Lembaga Swadaya Masyarakat di Indonesia untuk melihat berbagai pengalaman penggalangan sumber daya dan penggalangan dana dari Organisasi Non-Pemerintah atau Lembaga Swadaya Masyarakat di negara-negara Selatan, yang sedikit banyak dapat memberikan inspirasi dan ide-ide upaya sejenis yang dapat dilakukan di Indonesia. Beberapa diskusi dan saran dalam buku ini bahkan lebih bersifat pragmatis sehingga diharapkan dapat bermanfaat secara praktis bagi pembacanya.

Buku ini merupakan satu dari sedikit buku yang memberikan panduan praktis dan bimbingan kepada para pegiat di bidang pembangunan sosial dan Organisasi Non-Pemerintah/Lembaga Swadaya Masyarakat yang bersifat nirlaba. Di lain sisi, buku ini juga memberi masukan kepada para pekerja/konsultan di lembaga donor untuk mulai dapat membantu dan mendorong program-program organisasi yang menunjang kemandirian keuangan untuk keberlanjutan pelayanan organisasi nirlaba dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar